Home, Mulai saat ini jadikan bolmasoft.com sebagai toko langganan Anda dalam mencari kebutuhan akan perlindungan asuransi yang tepat dan dapatkan pelayanan premium dari kami secara mudah, cepat dan hemat

Sunday, August 10, 2014

Sejarah Reasuransi


Reasuransi itu ada karena ada Asuransi. Oleh karena itu sejarah adanya Reasuransi setelah adanya sejarah Asuransi.
Dari berbagai buku yang ada uraian tentang sejarah Reasuransi itu bervariasi, namun terdapat hal – hal yang ditulis sama atau setidak – tidaknya mirip.

Seperti misalnya dalam buku “ The Theory and Practice of Reinsurance “ yang ditulis oleh G. Rangarajan dan diterbitkan oleh S.I.T.C. ( Singapore Insurance Training Centre ) :
  • Bahwa Reasuransi itu tidaklah setua Asuransi sejarahnya walaupun kedua – duanya mempunyai persamaan dalam prinsip – prinsip dasarnya yakni “ Penyebaran Risiko “ (Spreading of Risk ).
  • Pada mulanya perusahaan – perusahaan Asuransi hanya menutup risiko sampai batas kemampuannya sendiri, yakni dalam jumlah atau kapasitas yang benar – benar merupakan kekuatannya diri sendiri. {Baca : Metode Reasuransi}
  • Marine adalah cabang Asuransi yang paling tua dalam Asuransi. Menurut laporan kontrak Reasuransi yang pertama adalah juga dalam cabang Marine. Namun berdasarkan sebuah undang – undang di Inggris yang dikeluarkan dalam tahun 1746 Reasuransi dalam marine tersebut menjadi dilarang jika Perusahaan Asuransi yang menutup pertama itu menjadi tidak insolvent. Keadaan yang demikian itu berjalan terus selama 100 tahun sampai undang – undang tersebut ditinjau kembali.
  • Reasuransi Kebakaran ( Fire Reinsurance ) dimulai dalam tahun 1778 yakni ketika Royal Chartered Fire Insurance Company of Copenhagen diberikan konsensi untuk melaksanakan transaksi Reasuransi. {Baca : Asuransi Kebakaran}
  • Pada mulanya transaksi Reasuransi hanya dilakukan melalui pertukaran business facultative saja. Namun dengan kemajuan industry dan perdagangan sepanjang abad ke – 19 perkembangan tersebut telah mendorong dalam dunia Reasuransi untuk timbul cara – cara Treaty. Menurut catatan sejarah, Treaty yang pertama ditandatangani dalam tahun 1821. {Baca : Reasuransi & KoAsuransi}
  • Pada tahun 1852 dibentuk sebuah perusahaan Reasuransi yang bernama “ Cologne Reinsurance Company “ ( Kolnische Ruckversicherungs Gessellsehaft ), kemudian Swiss Reinsurance Company dalam tahun 1863.
  • Di Inggris, para Lloyd’s Underwriters menguasai market. Perusahaan Reasuransi pertama yang ada di Inggris adalah The Mercantile & General Reinsurance Co. Ltd. dalam 1907.
  •  


Jika Anda Memerlukan Asuransi 

Icon WhatsApp
WhatsApp
No: 0838 9312 8913

    0 comments:

    Post a Comment